Cara Menghafal dengan Cepat dan Mudah Bagi Pelajar - Eduisi

Senin, 16 Maret 2020

Cara Menghafal dengan Cepat dan Mudah Bagi Pelajar

Bagi sebagian orang menghafal adalah kegiatan yang cukup menjemukan, pasalnya kamu harus mengulang-ulang hal yang sama, menjedot-jedotkan materi ke dalam kepala dan sebagainya. Tapi, tahukah kamu jika ada cara menghafal dengan cepat dan mudah yang bisa kamu praktekin baik di rumah, di sekolah/kampus atau di manapun juga.

Sebagian dari cara mudah menghafal di bawah ini mungkin sudah kamu coba, tapi kamu masih bisa mencoba cara yang lainnya kok. Yuk disimak.

cara menghafal dengan cepat dan mudah

Cara Mudah Menghafal dan Cepat


#1 Memenggal materi hafalan dan membacanya berulang-ulang, kemudian menggabungkan penggalannya menjadi utuh


Cara paling umum yang digunakan oleh banyak orang untuk menghafal adalah dengan mengulang-ulang materinya. Kamu pun mungkin pernah melakukan ini. Misalnya kamu menghafal suatu materi yang cukup panjang, kemudian kamu membaginya menjadi beberapa bagian dan mulai mengulang-ulang per bagian. Setelah masing-masing bagian berhasil dihafalkan, kamu tinggal gabungkan. Cukup mudah kan?

#2 Merekam materi pakai suaramu sendiri atau orang lain dan mendengarkannya secara berulang-ulang


Perkembangan teknologi hari ini sangat membantu buat kita belajar, misalnya dalam menghafal. Kamu bisa merekam materi hafalannya dan mendengarkannya secara berulang-ulang. Kadang ada orang yang lebih bisa mengingat apa yang dia dengar, ketimbang apa yang dia baca. Untuk cara ini kamu tinggal merekam suaramu sendiri kok, atau bisa juga dengan mencari materi yang sudah ada rekamannya.

#3 Bikin materi hafalan jadi lirik lagu dan nyanyikan, dijamin manjur lho!


Tahukah kamu, kenapa lirik lagu gampang sekali buat kita ingat meski lagu bahasa asing sekalipun? Jawabannya karena ia dilantunkan dengan melodi. Nah, bukan suatu yang mustahil kamu membuat materi menjadi lirik lagu lengkap dengan melodi sebagai salah satu cara mudah menghafal yang bisa kamu coba!

#4 Jangan baca hafalan dalam hati, bacalah dengan suara agar kamu lebih mudah untuk mengingatnya


Semakin banyak tubuh kita yang terlibat dalam kegiatan belajar maka akan semakin bagus daya serap kita terhadap pelajaran itu. Menghafal dengan membaca dalam hati tentu akan berbeda hasilnya dengan menghafal sembari mengucapkannya dengan lisan (bahkan kalau perlu dengan sedikit keras).

#5 Menuliskan ulang ringkasan materi tersebut dalam kertas juga bisa membuatmu mudah menghafal


Cara mudah menghafal selanjutnya adalah menuliskan materi hafalanmu secara berulang-ulang dalam kertas atau media lain. Sembari itu kamu juga bisa mencari kata-kata kunci dari materi tersebut. Ketika kamu sudah sering mengulang kamu bahkan tidak perlu melihat teks dalam menuliskannya lagi.

#6 Metode jembatan keledai juga bisa dipakai buat ngafalin deret atau susunan tertentu


Pernah dengar metode jembatan keledai? Itu lho, metode yang sering dipakai dalam menghafal deret. Paling sering dipakai untuk menghafal nama-nama unsur kimia dalam tabel periodik. Misalnya H-Li-Na-K-Rb-Cs-Fr untuk unsur golongan IA yang dapat kita buat jembatan keledainya menjadi “Hai Lina Kau Rebut Cinta suci Feri”. Serta contoh-contoh lainnya.

Lengkapnya bisa kamu baca di sini : Jembatan Keledai Tabel Periodik Unsur Kimia Lengkap

#7 Mengajarkan materi hafalanmu pada orang lain atau diri sendiri akan bikin materi itu lekat di ingatan


Selain cara-cara di atas, cara mudah menghafal lainnya adalah mengajarkan materi hafalanmu pada orang lain, atau justru pada dirimu sendiri. Ilmu itu akan semakin berkembang dan lekat ketika ia dibagikan kepada banyak orang.

Nah Sobat Eduisi, itulah cara menghafal dengan cepat dan mudah yang bisa kamu praktekin di manapun. Menghafal memang menjemukan, tapi mau gak mau harus tetap di jalani. Soalnya soal-soal yang diujikan dalam ujian kerap memaksa kita untuk menghafal materi.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda