Jurusan Perhotelan dan Segala Sesuatu Tentangnya - Eduisi

Rabu, 29 Januari 2020

Jurusan Perhotelan dan Segala Sesuatu Tentangnya


Seorang teman SMA saya dahulu membuat keputusan yang bagi sebagian orang barangkali “aneh”, tapi ternyata ia membuktikan bahwa pilihan yang telah dibuat tidak akan salah, selama kita mau berusaha di situ. Memang apa pilihannya? Dia memilih untuk masuk ke jurusan perhotelan setelah ia tamat dari SMA—padahal ia termasuk siswa yang berprestasi saat itu.

Oh ya, pernahkah kamu mendengar apa itu jurusan perhotelan? Atau mungkin kamu belum pernah mendengarnya karena memang jurusan ini belum banyak dibuka. Tapi barangkali justru karena itulah teman saya mengambil jurusan ini. Kemudian di jurusan D4 manajemen perhotelan dia bersinar. Ia bahkan pernah mendapatkan indeks prestasi (IP) 4.00 yang membuatnya diundang dan diberi penghargaan oleh Pak Budiono, wakil presiden saat itu.

Lalu, bagaimana teman saya itu sekarang? Dia sudah menjalani salah satu dosen tetap dengan status ASN di jurusan perhotelan di PTN tempat ia belajar dulu. Dan kabar baiknya sekarang ia sedang melanjutkan S3 di luar negeri untuk jurusan yang linear alias sama. Hmm, oleh karena itu, kali ini saya ingin membahas mengenai seluk-beluk jurusan perhotelan ini. Mudah-mudahan bisa membantu mengenalinya ya.

Apa itu jurusan perhotelan?


Jurusan perhotelan adalah salah satu jurusan yang ada di kampus yang menerapkan dan mengembangkan pengetahuan di bidang ilmu perhotelan atau hospitality. Di jurusan ini akan dipelajari segala hal yang berkaitan dengan perhotelan itu, seperti perencanaan, manajemen, produksi, akomodasi hingga ke urusan makanan.

Program studi yang ditawarkan di jurusan perhotelan biasanya beragam, dan nama-namanya pun berbeda. Jenjang yang ditawarkan umumnya pendidikan vokasi, seperti ahli madya (D3) dan sarjana terapan (D4).

Apa saja yang dipelajari di jurusan perhotelan?


Satu hal yang barangkali juga menjadi pertanyaan di benakmu adalah apa yang dipelajari di jurusan perhotelan ini. Sebenarnya itu tergantung prodi, misalkan kalau prodinya adalah D4 Manajemen Perhotelan, maka yang akan dipelajari adalah tentang pengelolaan atau manajemen dari hotel atau penginapan itu. Namun, secara umum beberapa hal di bawah ini diajarkan di jurusan perhotelan.

Administrasi hotel

Hal yang paling dasar dipelajari di jurusan perhotelan adalah tentang bagaimana mengelola seluruh kegiatan di hotel atau penginapan. Mulai dari administrasi, pengelolaan, promosi dan operasional dari hotel itu secara menyeluruh. Oleh karena itu, salah satu prospek kerja lulusan jurusan perhotelan adalah manajer hotel itu sendiri.

Produksi makanan atau tata boga

Apa yang paling berkesan saat seseorang menginap di hotel? Yap, makanannya. Makanan hotel berbeda dengan makanan yang sering kita temukan di luar. Sebab, makanan menjadi salah satu keunggulan dari hotel itu sendiri. Oleh karena itu, di jurusan perhotelan seorang mahasiswa akan belajar mengenai produksi masakan, penyusunan anggaran, pemasaran hingga penetapan harga makanan itu sendiri.

Divisi kamar

Pada divisi kamar atau (room division) seorang mahasiswa akan belajar mengenai pengelolaan ruangan dari hotel itu. Mulai dari ruang depan (font desk), laundry sampai manajemen tata graha dan sebagainya.

Tata hidang (Food & Beverage Service)

Tak cuma urusan membuat makanan hingga jadi, di jurusan perhotelan kita juga dapat belajar cara menghidangkan makanan dan minuman. Lebih jauh, tata hidang ini juga meliputi pengeloaan dan penataan ketika ada acara dan sebagainya.

Manajemen SDM dan mutu

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan, di jurusan perhotelan juga akan dipelajari mengenai manajemen sumber daya manusia yang ada di hotel itu, itu meliputi karyawan yang bekerja di sana. Selain mengelola SDM, ada juga pelajaran mengenai pengendalian mutu hotel.

Selian beberapa hal di atas, di jurusan perhotelan juga dapat dipelajari rekayasa (enjinering) perhotelan, operasional restoran dan tata graha, akuntasi hingga bahasa Inggris profesi bagi mahasiswa jurusan perhotelan.

Nah, kalau begitu? Kampus mana saja yang membuka jurusan perhotelan ini?

Baca juga : Jurusan Agroteknologi dan Prospek Kerjanya

Kampus yang membuka program studi atau jurusan perhotelan


Ada cukup banyak lho kampus yang membuka prodi atau jurusan perhotelan ini. Mulai dari kampus negeri hingga swasta. Kalau di kota saya sih, di Padang, yang buka jurusan perhotelan ada Universitas Negeri Padang. Sementara untuk didaerah lain banyak juga lho. Berikut beberapa kampus yang ada jurusan perhotelannya.

  • Universitas Negeri Padang – Padang
  • Universitas Bina Sarana Informatika – Kampus Yogyakarta
  • Politeknik Sahid – Jakarta
  • Universitas Bina Nusantara – Jakarta
  • Universitas Telkom – Jawa Barat
  • Universitas Airlangga – Surabaya
  • Universitas Brawijaya – Malang
  • dan sebagainya

Lengkapnya kamu bisa cari di direktori Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) ini, jangan lupa ketikkan “perhotelan” di kolom jurusan ya. Ini tautannya https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php

Jurusan perhotelan adalah salah satu jurusan kuliah yang berkaitan erat dengan pariwisata. Jurusan ini cocok untuk kamu ambil jika memang kamu punya minat di bidang tersebut. Atau bisa juga kalau kamu mau membangun bisnis di bidang perhotelan atau penginapan. Selain itu, jika kamu punya motivasi lain dalam mengambil jurusan ini, pastikan bahwa motivasi itu lahir dari kesadaranmu sendiri ya.

Seperti teman saya yang saya ceritakan di awal tadi, jurusan apapun akan menjadi baik jika kita menjalaninya dengan cara terbaik pula. Salam.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda